[HOAX]: Aksi Warga Yaman pada 23 Februari 2024

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Beredar sebuah video di YouTube dengan klaim ribuan warga Yaman turun ke jalan pada 23 Februari 2024. Video tersebut tidak benar, karena itu merupakan aksi pawai warga Yaman sebagai bentuk dukungan kepada Palestina pada 26 Januari 2024.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/K3AX-7UY9

====

[NARASI]: KONDISI GAZA KIAN MEMPRIHATINKAN MEREKA MAKAN RUMPUT DAN KOTORAN HEWAN DIJADIKAN MAKANAN

40RB WARGA GAZA SAHID, JUTAAN MUSLIMS KEMBALI TURUN KEJALAN

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video di YouTube dengan klaim bahwa Warga Gaza turun ke jalan dan melakukan aksi demonstrasi pada Jumat 23 Februari 2024.

Namun setelah dilakukan penelusuran video tersebut tidak benar.

Faktanya, Lapangan Al-Sabeen di ibu kota, Sana’a, pada hari Jumat, 26 Januari 2024 menjadi saksi demonstrasi jutaan orang dalam pawai “Yaman dan Palestina dalam Satu Parit”, menegaskan bahwa rakyat Yaman mendukung Rakyat Palestina sampai kemenangan tercapai.

Massa yang ikut dalam aksi tersebut mengumandangkan slogan-slogan kebebasan dan kepolosan dari musuh-musuh bangsa Islam, Amerika dan Israel, serta mandat mutlak dari pemimpin revolusi, Bapak Abdul-Malik Badr al-Din al-Houthi, untuk menjadikan semua keputusan dan pilihan strategis untuk menghalangi agresi Amerika dan Inggris serta mendukung rakyat Palestina.

Massa meneriakkan bahwa “semua warga Yaman mendukung Gaza dan Palestina, bahwa rakyat Palestina tidak sendirian, dan bahwa Amerika adalah ibu dari terorisme.”

Dengan demikian Klaim video demonstrasi warga Yaman terjadi bukan pada tanggal 23 Februari 2024 melainkan pada tanggal 26 Januari 2024, video tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2024/04/03/salah-aksi-warga-yaman-pada-23-februari-2024/

Scroll to Top
Open chat
1
Hello
Dengan atrindo, ada yang bisa dibantu?