[HOAX] 8 Artis Terseret Megakorupsi PT Timah

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya tidak terkait kasus PT Timah, video yang dicantumkan merupakan konferensi pers yang dilakukan oleh Zainul Arifin SH usai mendatangi Mabes Polri untuk melaporkan 8 artis yang diduga terlibat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)  usaha robot trading yang dimiliki oleh Crazy Rich Wahyu Kenzo. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.==========================KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKANPenggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.==========================NARASIUsut sampai tuntas yg terkait korupsi 271T & beri hukuman yg setimpal8 artis terseret korupsiViral8 artis terlibat megakorupsi PT. Timah1. Rafi Ahmad2. Hatta Halilintar3. Stepen W4. Nagita DLLTermasuk KaesangHukum mati saja kalau beraniKaesang tidak berani di sebut?Hakim tidak akan berani hukum mati koruptor

PENJELASAN:
Sebuah akun Tiktok dengan nama @BEBATAS mengunggah sebuah video konferensi pers yang dilakukan oleh pengacara Zainul Arifin SH. Video tersebut diunggah dengan klaim laporan mengenai 8 artis yang terlibat megakorupsi PT Timah, di antaranya Atta Halilintar, Raffi Ahmad, hingga Kaesang.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video lengkapnya di kanal Youtube Berita Indonesia Link pada 11 April 2023 dengan judul  “Zainul Arifin SH Datangi Mabes Polri, Laporkan 8 Artis yang Diduga Terlibat Pencucian Uang.”

Pada durasi penuh video tersebut, Zainul tidak menyebut mengenai kasus Megakorupsi PT Timah, melainkan ia menyebut adanya dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) usaha robot trading yang dimiliki oleh Crazy Rich Wahyu Kenzo.

“Kasus dugaan pencucian uang ini diduga melibatkan publik figur dan pejabat publik. Mereka dalam hal ini punya hubungan dengan Wahyu Kenzo dan diduga ikut menerima hasil kejahatan. Di samping dugaan pencucian uang, ada juga upaya penggelapan aset yang mereka miliki. Beberapa di antaranya diduga diterima oleh kawan-kawan public figure,” ungkap Zainul selaku pengacara korban robot trading ATG, seperti dikutip dari surabayapagi.com, (12/04/2023).

“Ada 8 orang yang diduga menerima ini, ada Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Stefan William, Rian D’Masiv, Judika, Dokter Tirta, Gus Miftah, dan Haji Faisal,” sambungnya.

Zainul Arifin dengan tegas mengatakan jika para publik figur itu juga ikut dilaporkan atas kasus dugaan penipuan robot trading itu.

Dengan demikian, narasi yang beredar terkait 8 artis yang diklaim terlibat kasus megakorupsi PT Timah, tidak benar.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2024/04/02/salah-8-artis-terseret-megakorupsi-pt-timah/

Scroll to Top
Open chat
1
Hello
Dengan atrindo, ada yang bisa dibantu?