[HOAX] TIM HUKUM ANIES DIUSIR GARA-GARA BAWA BUKTI PALSU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait tim hukum Anies diusir gara-gara bawa bukti palsu. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/GH9F-N7UF (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER MALAM INI || BAMBANG WIDJOJANTO DI USIR HAKIM DARI PERSIDANGAN BAWA BUKTI PALSU BERUPA ..

BERITA TERBARU
DI USIR DARI PERSIDANGAN
GARA2 BAWA BUKTI PALSU TIM HUKUM ANIES DI USIR HAKIM MK

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV yang menampilkan thumbnail Bambang Widjojanto selaku tim hukum Anies berada di ruang sidang bernarasikan tim hukum Anies diusir gara-gara bawa bukti palsu.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika sidang sengketa Pilpres 2019 di gedung MK, Jakarta, Selasa 18 Juni 2029. Dalam foto tersebut tidak menampilkan sosok Bambang Widjojanto.

Foto aslinya dimuat pada artikel liputan6.com dengan judul “Kala Hakim MK Dibuat Bingung dengan Udung, Sosok yang Tidak Nyata”.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “Gugatan ke MK Disebut Cengeng, Timnas AMIN Geram Janji Bikin Hotman Paris Menangis, Ini Caranya”. Artikel ini membahas tentang tanggapan Juru Bicara Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin, Iwan Tarigan yang tak terima gugatan hasil Pilpres 2024 ke MK dianggap cengeng oleh anggota tim pembela Prabowo-Gibran, Hotman Paris.

Selain itu, narator juga membacakan sebagian isi dari artikel tribunnews.com berjudul “Bawa 100 Lembar Gugatan ke MK, Tim Anies & Cak Imin Minta Pilpres Diulang, Larang Gibran Terlibat”. Dalam artikel tersebut membahas tentang Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin resmi mengajukan gugatan ke MK perihal perselisihan hasil Pemilu 2024.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan tim hukum Anies diusir gara-gara bawa bukti palsu tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2024/04/03/salah-tim-hukum-anies-diusir-gara-gara-bawa-bukti-palsu/

Scroll to Top
Open chat
1
Hello
Dengan atrindo, ada yang bisa dibantu?