[SALAH] MEGAWATI HADIRI SIDANG MK BUNGKAM KECURANGAN 02

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan pemberitaan terkait Megawati hadiri sidang MK dan bungkam kecurangan pasangan Prabowo-Gibran. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/X544-CTUP (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMPARKAN SIDANG MK..!!! TAK MAIN” MEGAWATI BUNGKAM SIASAT LICIK BUKU 02

BREAKING NEWS
KUBU 02 KETAR KETIR
MAGAWATI HADIRI SIDANG MK BUNGKAM KECURANGAN 02

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah channel youtube bernama AKTUAL membagikan video dengan thumbnail yang menampilkan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto berada di ruang sidang bernarasikan Megawati hadiri sidang MK dan bungkam kecurangan pasangan Prabowo-Gibran.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar. Gambar yang menampilkan Prabowo bersama Hatta Rajasa tersebut dimuat pada artikel tempo.co dengan judul “Klaim Pemilu Curang, Prabowo Merasa Tersakiti”.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.tv berjudul “Tim Hukum Prabowo Minta Megawati Dipanggil ke MK, Jubir TPN: Pak Otto Panik”.

Atikel tersebut membahas tentang Juru bicara Tim Pemenangan (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro yang melihat Tim Hukum Nasional Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan, sedang mengalami kepanikan akibat pihak Ganjar-Mahfud meminta menghadirkan sejumlah menteri dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Mendengar permintaan itu, Otto meminta hakim MK memanggil Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam sidang berikutnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Megawati hadiri sidang MK dan bungkam kecurangan pasangan Prabowo-Gibran tidak terbukti dan termasuk kedalam konten yang dimanipulasi.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2024/04/03/salah-megawati-hadiri-sidang-mk-bungkam-kecurangan-02/

Scroll to Top
Open chat
1
Hello
Dengan atrindo, ada yang bisa dibantu?